Teater Virtual 360 Derajat

Bandung, Qubic360 - Masa pandemi membuat beragam aktivitas dan kegiatan tersendat, termasuk dalam seni teater.




Pandemi covid-19 memberikan beragam dampak pada segala bidang. termasuk pada bidang seni. Banyak kegiatan yang tidak bisa diselenggarakan karena alasan protokol kesehatan, seperti konser musik, pagelaran fashion show, festival seni budaya dan teater.


Namun dari para pegiat seni tidak menyerah dengan keadaan pandemi ini, banyak para pegiat seni mencari jalan keluar agar tetap bisa berkarya. Salah satunya pada teater virtual 360 derajat.


Seperti bejlando yang memberikan jalan bagi para penonton untuk melihat drama favorit dari rumah. Penutupan acara budaya seperti teater tidak bukan hanya berdampak pada banyaknya pengangguran tetapi juga sangat mempengaruhi mereka yang sering hadir.


Padahal dengan adanya kegiatan seni dan budaya berdampak positif pada kesehatan mental manusia karena aktivitas tersebut merangsang pikiran seseorang sekaligus menghilangkan stres dan kecemasan. Dengan demikian, penutupan institusi budaya telah mempengaruhi baik mereka yang bekerja di bidang seni maupun penonton.


Dengan dampak tersebut, visioner Ceko dari Brainz Studios telah bekerja dengan Kota Praha untuk menciptakan "teater yang dibawa pulang" yang disebut Brejlando yaitu, pengalaman teater unakan realitas virtual. Inovasi ini akan memungkinkan orang untuk mengambil bagian dalam kegiatan teater sambil tetap aman dalam kenyamanan rumah mereka.


“Ketika penonton tidak bisa pergi ke teater, teater akan pergi ke penonton,” produser film dan anggota dewan Hana Třeštíková dikutip di situs Brejlando.


Dari situs webnya, "teater yang dibawa pulang" menawarkan pengalaman eksperimental dalam realitas virtual. Selain itu, ini memungkinkan penonton untuk melihat permainan pilihan mereka dalam 3D dan dengan tampilan 360 derajat.


Untuk memesan pengalaman ini, seseorang harus terlebih dahulu memilih tanggal dan tema yang mereka sukai. Setelah ini, kurir akan mengirimkan kacamata VR dan informasi tentang bagaimana kacamata tersebut harus digunakan. Keesokan harinya, kurir akan kembali untuk mengambil kacamata tersebut.



Dengan cara ini, Brejlando menawarkan kepada penonton teater solusi yang unik, aman, dan sederhana selama masa-masa sulit ini. Lebih penting lagi, mendukung lembaga budaya dengan memungkinkan penyelenggaraan acara semacam itu.


Perlu dicatat bahwa Brejlando lebih lanjut meyakinkan kliennya bahwa kacamata akan didesinfeksi dan disterilkan sebelum dikirim karena dikatakan bahwa “kebersihan adalah prioritas”. Dengan demikian, kacamata VR melalui berbagai tahap disinfeksi, salah satunya termasuk penggunaan kotak sterilisasi UV bersertifikat.


Dengan demikian, Brejlando memastikan keamanan penggunanya sambil menawarkan pengalaman teater yang unik dan inovatif selama masa-masa pandemi covid-19.

Posting Komentar

0 Komentar